Apa Arti Satuan “nm” di CPU dan Mengapa Penting?

Apa Arti Satuan “nm” di CPU dan Mengapa Penting?

KOMPAS.com – Anda sering mendengar istilah “4nm”, “7nm”, atau “10nm”? Angka dengan satuan “nm” atau nanometer tersebut biasanya digunakan untuk prosesor (CPU) dalam laptop atau smartphone.

Prosesor atau CPU merupakan komponen utama dari komputer atau smartphone.

Sebab, prosesor bak otak dari perangkat yang menjadi kunci bagaimana kemampuan atau performa yang ditawarkan perangkat tersebut.

Vendor komputer atau smartphone biasanya menyebutkan arsitektur dari prosesor yang digunakan pada perangkatnya.

Misalnya pada Samsung Galaxy S22 yang menggunakan prosesor 4nm (nanometer), atau AMD yang sudah meluncurkan Central Procesing Unit (CPU) 7nm seperti AMD Ryzen 7 5800 G.

Lantas apa sebenarnya maksud dari satuan “nm” atau nanometer pada prosesor (CPU) itu?

Satuan panjang

Nanometer atau disingkat nm adalah satuan ukuran panjang seperti centimeter (cm). Namun, satuan nanometer sangat kecil, karena 1 nm saja sama dengan 0,000000001 meter.

Dalam prosesor atau CPU, nanometer digunakan untuk menghitung ukuran transistor yang ada dalam prosesor. Meski ukurannya kecil, CPU memiliki miliaran transistor yang melakukan perhitungan melalui sinyal listrik.

Baca juga: AMD dan Intel Kompak Berhenti Jual Prosesor ke Rusia

Dalam dunia teknologi, nm pada prosesor juga disebut sebagai node proses, yaitu proses pembuatan dan desain CPU dengan teknik fotolitografi.

Fotolitografi sendiri adalah teknik pencetakan sirkuit transistor pada silikon. Dalam proses ini, gambar prosesor diukir di sebuah silikon. Oleh karena itulah nanometer pada prosesor atau CPU sering dikaitkan dengan kata “arsitektur”.

Source Link >>> Click Here

#Apa #Arti #Satuan #CPU #dan #Mengapa #Penting