Main Game dan “Streaming” Video 4K Pakai 5G Telkomsel di Sirkuit MotoGP 2022 Mandalika, Sekencang Apa?

Main Game dan “Streaming” Video 4K Pakai 5G Telkomsel di Sirkuit MotoGP 2022 Mandalika, Sekencang Apa?

LOMBOK, KOMPAS.com – Telkomsel menggelar jaringan 5G di area Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) demi menunjang perhelatan balap motor internasional MotoGP 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesiapada 18-20 Maret 2022.

Berdasarkan pengujian yang KompasTekno lakukan menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla, kami mendapati kecepatan unduh (download) mencapai 1 Gbps dan unggah (upload) mencapai 120 Mbps.

Selain menguji kecepatannya, KompasTekno juga menjajal menggunakan jaringan penerus 4G tersebut untuk berbagai kegiatan, seperti bermain game dan streaming video.

Baca juga: Dukung MotoGP Mandalika, Telkomsel Tambah BTS 4G dan Gelar 5G

Untuk perangkatnya sendiri, KompasTekno menggunakan Oppo Reno 7 5G untuk menguji seberapa cepat bermain game yang didukung teknologi 5G.

Untuk spesifikasi konektivitas, Oppo Reno 7 Z 5G didukung band (pita) yang sesuai dengan yang digunakan operator penyelenggara 5G di Indonesia. Seperti pita n1, (2.100 Mhz), n3 (1.800 Mhz), n40 (2.300 Mhz), hingga n78 (3.500 Mhz).

Uji coba main game dengan internet 5G Telkomsel

Pengujian game kami sendiri mengandalkan game Mobile Legends buatan Moonton. Alasan pemilihan game ini untuk uji coba tak lain karena game ini memiliki status ping atau latency yang angkanya bakal berubah seiring dengan kecepatan internet yang dimiliki pengguna.

Baca juga: Liput MotoGP 2022, Jurnalis Asing Pamer Kecepatan 5G Telkomsel di Mandalika

 

Dalam pengujian 5G Telkomsel, kami mendapatkan latensi sekitar 40 ms ketika memainkan game tersebut. Angka ini lebih rendah dibanding latensi di jaringan 4G untuk game yang sama, di mana kami mendapatkan latency sekitar 60-70 ms untuk bermain Mobile Legends.

 

Semakin  rendah angka latensi, maka internet semakin lancar digunakan. Di Mobile Legends, latensi berguna untuk memperlancar setiap aksi yang dilakukan pemain. Apabila angka latensi kecil, maka perintah pemain yang diterima melalui sentuhan jari akan lebih cepat direspons oleh game.

 

Adapun latensi 40 ms yang kami dapat tadi memungkinkan kami bermain dengan cukup lancar dan nyaman, terlebih angka tersebut stabil di kisaran 40 ms.

 

Streaming dan download dengan 5G Telkomsel

KOMPAS.com/Bill Clinten Pengalaman streaming video YouTube menggunakan 5G Telkomsel di Sirkuit Internasional Mandalika.

Selain game, KompasTekno juga menjajal pengalaman 5G untuk mengakses media sosial, browsing internet, hingga menonton (streaming) video YouTube.

Hasilnya, seluruh kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada halangan yang menghambat.

Ketika layanan 5G Telkomsel digunakan untuk menonton video YouTube di area tribun penonton, misalnya, kami tidak merasakan adanya jeda (buffering) pada saat menyetel video dengan kualitas 1080p hingga 4K.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Nyambung di Sirkuit Mandalika, Tanpa Ganti Kartu SIM

Di samping pengujian berdasarkan sejumlah pengalaman tadi, kami juga menjajal mengunduh game dari toko aplikasi Android, Google Play Store menggunakan jaringan 5G.

Hasilnya, game Call of Duty yang berukuran 1,7 GB hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit 37 detik untuk diunduh dari toko aplikasi tersebut, begitu juga game PUBG: New State dengan ukuran 1,3 GB yang membutuhkan waktu download sekitar 1 menit.

Perlu dicatat, pengalaman 5G yang KompasTekno rasakan bisa saja berbeda dengan pengalaman yang Anda rasakan di sirkuit MotoGP 2022 Mandalika.

Sebab, kecepatan 5G tentunya akan sangat bergantung dengan jumlah pengguna 5G yang ada di area tersebut, begitu juga jarak Base Transceiver Station (BTS) 5G dengan pengguna, kekuatan sinyal, jenis perangkat, dan faktor lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source Link >>> Click Here

#Main #Game #dan #Streaming #Video #Pakai #Telkomsel #Sirkuit #MotoGP #Mandalika #Sekencang #Apa